belanja1Anda sudah mendengar tentang uniknya budaya belanja di Bangkok dan sekarang anda ingin memulai aksi “belanja”, untuk amengantungi beberapa barang murah. Luangkan waktu sebentar untuk mengarahkan diri Anda pada petunjuk praktis tips belanja yang amat berguna, dan Anda pasti akan punya pengalaman yang menyenangkan yang akan membuat Anda ingin kembali kesini

Apa yang Anda Kenakan
Kebanyakan orang senang terlihat luar biasa, tetapi kuncinya disini adalah untuk menjadi praktis. Bangkok adalah kota yang panas dan lengket, hampir sepanjang tahun. Jadi pakailah baju yang dingin. Anda akan banyak berjalan kaki, ini yang membuat sepatu yang praktis menjudi amat penting. Hati-hati kalau berjalan, karena trotoar sering punya rintangan berupa lubang, penjual gerobak, pengemis aneh dan pembuat karangan bunga.

Tips Belanja : siapkan handuk kecil, kain wajah atau tisu basah sangat berguna, terutama jika Anda mau menjelajahi sekitar pasar.

Rencanakan Belanja Anda – Waktu Sangat Penting
Mulailah dengan membuat daftar apa yang ingin Anda beli, dan kemudian mencocokkan kemana harus pergi. Pasar baik untuk dikunjungi di pagi hari atau malam hari kalau udara sudah agak dingin dan sewaktu masih longgar. Di panas hari, mal yang ber-AC adalah tempat tujuan yang jauh lebih baik. Berkeliaran tanpa tujuan ke kota dan berharap menemukan apa yang Anda cari secara kebetulan amat tidak dianjurkan. Rencanakan belanja Anda di area-area tertentu, katakanlah, Chinatown (outdoor) di pagi hari, dan Siam (dengan banyak mall) di sore hari.

Sering kali, tempat dalam suatu wilayah dapat dicapai dengan berjalan kaki, sehingga menghilangkan perjalanan yang tidak perlu. Lihatlah peta belanja dari berbagai daerah di Bangkok yang sudah sangat comprehensif.
Tips Belanja tip: Cobalah untuk menghindari berkeliling kota selama jam-jam sibuk (pagi dari 07:30-09:00 dan di sore hari dari 17:00-18:30).

Kendaraan Untuk Berkeliling
belanja2Pilihan kendaraan amat banyak. Taksi, tuk-tuk, bus umum (tidak disarankan), perahu boat di kanal dan sungai, taksi sepeda motor (ojeg), Skytrain (BTS) dan kereta bawah tanah (MRT). Lalu lintas Bangkok terkenal buruk, yang membuat dua pilihan terakhir menjadi paling layak. Dapatkan peta yang benar-benar bagus tentang Bangkok, dan rencanakan perjalanan Anda dengan baik. Meskipun dua jalur BTS dan MRT tidak mencakup seluruh kota, Anda dapat memakai rute dengan mengkombinasi dari jalur yang berbeda, dan hanya mencapai tujuan akhir dengan taksi atau tuk-tuk. Menghemat waktu perjalanan akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk berbelanja. Selain itu, terjebak dalam kemacetan lalu lintas bukanlah ide yang menyenangkan.
Belanja tip: Tanyakan tentang perjalanan BTS dan MRT melewati setiap stasiun.

Jam Belanja
Sebagian besar toko buka dari 10:00 sampai 20:00 atau 22:00, beberapa bahkan lebih malam. Jadi, Anda akan memiliki banyak waktu untuk berbelanja hingga ada lemas. Toko-toko kecil, bahkan di pusat perbelanjaan besar, biasanya tutup pada hari Minggu, sementara toko-toko swalayan besar buka tujuh hari seminggu.
Tips Belanja : Amat tak menyenangkan bila anda berada di depan pintu toko yang tertutup, jadi lebih baik periksa sebelumnya dengan menelpon toko dengan biaya panggilan local yang hanya beberapa bath (jam belanja bisa saja tidak teratur, khususnya pada akhir pekan dan hari libur.)

Berkeliling Toko dan Membandingkan Harga
Tukang belanja berpengalaman akan memberitahu Anda bahwa berbelanja secara membabi buta bisa berarti menyesal kemudian. Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan harga yang paling murah, mungkin anda harus berkeliling toko. Juga pakailah Discount Card turis dan PPN pengembalian uang.
Tips Belanja : Ketika anda menemukan satu item barang, buat kesepakatan harga dulu. Atau pastikan mereka memiliki persediaan barang tersebut dan bahwa Anda dapat menemukan toko atau kiosnya nanti setelah berkeliling.

Periksa Kualitas
Cari cacat pada barang, terutama di pasar dan kios di trotoar. Barang yang didiskon besar seringkali barang ‘reject’, yang kualitasnya dipertanyakan atau standar kualitasnya rendah. Periksa item dari dekat untuk setiap cacat atau tanda-tanda ketidaksempurnaan. Juga cari tahu tentang barang palsu.
Tips Belanja : Katakan kepada pemilik toko atau vendor bahwa Anda tinggal di Bangkok dan akan mengembalikan barang-barang dengan uang jika barangnya tidak sesuai atau cepat rusak. Mereka akan memberitahu Anda jika barangnya itu tidak berkualitas baik.

Bagaimana Cara Tawar Menawar
belanja3Satu-satunya tempat dimana harganya sudah tetap adalah mal, department store, supermarket dan toko-toko eceran besar. Selain dari itu, tawar-menawar adalah biasa, dan itu hampir diharapkan. Barang di beberapa tempat turis seperti Patpong Night Market harganya dinaikkan dulu besar-besaran, dan Anda sering dapat menawar hingga setengah dari harga yang diminta. Yang paling penting dari ‘alat tawar-menawar’ adalah senyum lebar dan pendekatan yang sopan. Jangan pernah naikkan suara Anda. Atau kehilangan kesabaran. Dan tidak menawar harga kecuali Anda siap untuk membayarnya.

Setelah penjual telah menawarkan harganya, tawar kurang dari yang Anda harapkan untuk membayar (dengan senyum tentu saja) dan ukur reaksi penjual. Sebuah balasan tawaran akan mengikuti, dan terserah pada Anda untuk membuat harganya bergerak, tinggal bicara. Setelah Anda memutuskan harga, dan jika ada item lain yang Anda tertarik, cobalah untuk mendapatkan harga paket untuk memotong biaya lebih murah, tawaran terbaik yang Anda ajukan!
Tips Belanja : Tiket Anda untuk menawar adalah senyum besar, jadi tersenyumlah dengan lebar.

Jadilah Pintar dan Berhati-hati
Semua aturan bepergian dasar harus diterapkan di Bangkok. Berhati-hatilah, waspada dan sadar keselamatan. Lihat pada barang-barang pribadi Anda. Copet adalah kejahatan umum di daerah sibuk seperti pasar. Bila di jalan, lihat kiri dan kanan sebelum Anda menyeberang jalan.
Tips Belanja : Pastikan untuk tidak meninggalkan semua barang dan tas Anda di sebelah belakang (di toko atau di taksi).

Jangan Bicara dengan Orang Asing
Ingat peringatan ibumu? Yah, ibu selalu benar. Jika orang asing mendekati anda dengan segala macam cerita, baik itu dengan cerita tentang permata yang fantastis atau sesuatu yang tidak biasa sepertinya hanya ia yang memiliki pengetahuan, kemungkinan besar Anda telah jadi target penipuan. Jangan manjakan orang itu dengan percakapan – teruslah berjalan dan tinggalkan dia!.
Tips Belanja : Jika ada upaya untuk melecehkan Anda, raih ponsel Anda atau berjalan ke telepon umum terdekat dan katakan pada penjahat itu bahwa Anda akan menelepon Polisi wisata.

belanja4Kemana Anda Berbelanja?
Sekarang Anda telah memiliki orientasi dasar belanja, pertanyaannya adalah ke mana anda pergi? Mall atau pasar? Department store atau PKL? Anda beruntung, karena kami akan membimbing Anda untuk menemukan tujuan secara online. Kami akan menyajikannnya highlight dari semua tempat belanja di Bangkok.

Hotel yang Cocok untuk Tukang Belanja
Jika tujuan anda berkunjung ke Bangkok adalah semata-mata untuk berbelanja, maka anda harus membaca daftar hotel belanja yang akan kami berikan untuk anda.

Tags: , , , , , , , ,