Dalam sejarah Thailand, Jimat pertama kali dibuat di dalam kuil dan diberikan oleh pengikutnya untuk mengingat nilai-nilai religius yang telah diajarkan. Namun, lama-kelamaan fungsi dari jimat itu sendiri semakin berkembang hingga menjadi satu simbol kepercayaan nasib baik seperti tradisi sekarang ini.

Jimat bisa dibuat dari berbagai macam material dasar, mulai dari gypsum, clay, bahan logam, bahan perak, bahkan emas. Semua jimat ini memiliki unsur mistis dan dipercaya memiliki fungsi yang berbeda antara jimat satu dengan jimat yang lain. Karena jimat ini telah mengakar dalam kehidupan bangsa Thailand, maka tak heran jika banyak orang mencari dan membutuhkan jimat.

Courtesy of www.phuket.com

Berbagai jimat bisa ditemukan di Pasar Jimat Phuket. Mulai dari patung budha kecil, gelang, cincin, gantungan, tanduk kecil, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan tergantung dari tawar-menawar yang dilakukan oleh pembeli dan penjual. Namun, tidak bisa semurah yang diinginkan karena permintaan pasar terhadap jimat ini cukup tinggi.

Pasar ini sebenarnya hanya ditujukan untuk warga lokal, namun untuk turis asing juga bisa dijadikan pengalaman tersendiri. Di depan, tampak vendor-vendor yang berjejer namun di belakangnya banyak yang membuka toko kecil dan menjual hal serupa.

Lokasi : Phuket Town

Tags: , , ,